Tari Jaipong Berasal dari daerah karawang jawa barat : Sejarah, Keunikan, dan Gerakannya

Tari Jaipong Berasal Dari Daerah Karawang Jawa Barat : Sejarah, Keunikan, Dan Gerakannya – Diantara Anda pasti ada yang berasal dari Karawang Jawa Barat, tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis tari yang satu ini, bahkan Anda bisa menari jaipong ?

Sejarah Tari Jaipong

Pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk membahas tentang keunikan Tari Jaipong. Sebagai pengantar sebelum saya menjelaskan lebih panjang lebar lagi, yuk mari kita berniat untuk belajar dan membaca artikel ini agar bisa mendapatkan pengetahuan tentang seni budaya yang ada di Indonesia.

Sesuai dengan judul artikel ini, sebagai awalan saya akan membahas tentang Sejarah dari Tari Jaipong yang meliputi awal mula, filosofi dan penarinya. Yuk mari simak lebih detail berikut ini.!

Sejarah Tari Jaipong

Awal mula, tari Jaipong ini dibawa oleh Gugum Gumbira ke daerah Karawang tepatnya di Kota Bandung pada tahun 1960-an dan tujuan tari Jaipong ini bertujuan untuk mengembangkan seni tari tradisional dari Karawang, sampai terkenal di Indonesia melalui media siaran televisi.

Meskipun tari Jaipong ini tergolong tari kreasi baru alias modern, namun tetap dalam ada gerak tari dari seni tari tradisional sebelumnya seperti tari Ronggeng, Kliningan dan Ketuk Tilu.

Keunikan Tari Jaipong

Keunikan dari Tari jaipong adalah terletak pada gerak tarinya yang energik, dinamis dan erotis. Apalagi yang menjadi penarinya adalah seorang gadis perawan atau janda membuat penonton menjadi tertarik terutama kaum pria.

Tari Jaipong juga kerap dipertunjukan di layar televisi dan biasa ditampilkan pada acara hajatan warga seperti khitanan, atau pernikahan. Sangking energiknya para penari biasa menggoyangkan pinggulnya yang aduhai sehingga membuat para penonton terutama kaum pria betah.

Gerak Tari Jaipong

Seperti apa yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa gerak tari Jaipong ini energik, dinamis dan Erotis mengikuti alunan tabuhan gendangnya. Sehingga gerak pinggul dan tangan ini membuat Gerak Jaipong terkenal dengan gerakan yang aduhai Energiknya. Tari Jaipong ini biasa ditarikan oleh satu orang wanita, dan bisa juga di tarikan dengan tiga orang, karena tari ini adalah jenis tari yang sangat menguras tenaga tentu di perlukan peran penari lainnya agar bisa bergantian.

Ada istilah gerakan dari Tari Jaipong diantaranya :

  • 1# Tatalu
  • 2# Kembang Gadung
  • 3# Buah Kawung Gopar
  • 4# Tari Pembukaan
  • 5# Jeblokan dan Jabanan

Asal Daerah Tari Jaipong

Untuk asal daerah dari tari Jaipong ini adalah di Karawang Kota Bandung Jawa Barat. Apabila Anda selaku penggiat seni atau pecinta seni tradisional di Indonesia atau turis silahkan saja datang ke Karawang Jawa Barat untuk belajar seni Tari Jaipong, disana Anda akan menemukan sanggar seni tari Jaipong.

Akhir Kata

Semoga ulasan yang cukup singkat dan padat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bai sobat semua. Jangalupa baca juga ulasan yang lainnya pada artikel yang ada di bawah ini. Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkunjung, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!