Tari Gambyong Berasal dari daerah Surakarta

Tari Gambyong Berasal Dari Daerah Surakarta : Sejarah, Filosofi, Dan Gerakannya – Satu hari yang lalu saya sudah mengulas tentan tari saman, maka pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang tari Gambyong. Berbicara perihal seni tari di Indonesia memang tidak ada habisnya.

Sejarah dan Filosofi Tari Gambyong Surakarta

Apalagi di setiap daerah di Indonesia ini terdapat sebuah seni tari, bahkan bisa lebih dari satu jenis. Diantara kalian pasti ada yang sudah pernah mendengar tentang tari Gambyong. Tari Gambyong adalah sebuah nama tari yang berasal dari daerah Surakarta.

Tari Gambyong ini dulu biasa digunakan untuk acara upacara ritual pertanian. Dengan mengharap kesuburan padi dan memperoleh panen yang melimpa maka di persembahkanlah sebuah tarian kepada Dewi Padi (Dewi Sri).

Tari Gambyong ini merupakan jenis tari jawa klasik yang sudah ada sejak lama di wilayah Surakarta. Tari Gambyong biasa dipentaskan saat menyambut tamu, acara hajatan warga dan lainnya. Jenis gerak yang ada di tari Gambyong ini tidak satu koreografi saja melainkan banyak sekali variasinya. Gerak dasar dari tari Gambyong ini masih sama yaitu mengambil gerak tari tayub.

Pada dasarnya tari Gambyong ini diciptakan untk satu orang penari (tari tunggal) namun ternyata tari Gambyong ini sering dibawakan oleh beberapa orang dengan menambahkan sebuah unsur blocking panggung sehingga dalam hal ini melibatkan garis dan gerak yang sangat besar.

Gerak Tari Gambyong

Untuk gerak tari Gambyong secara umumnya terdiri dari tiga bagian yaitu : awal, isi dan akhir. Kalau dalam istilah tari jawa gaya Surakarta disebut dengan sebuah istilah yaitu : maju beksan, beksan dan mundur beksan.

Yang menjadi titik tumpu atau pusat dari gerak tari ini terletak pada gerak kaki, tubuh, lengan dan kepala. Gerakan tangan dan kepala tari Gambyong menjadi ciri khas utamanya. Pandangan mata yang slelau mengiringi setiap gerak tangan dengan cara memandang arah gerak jari-jari tangan dimana lebih dominan. Gerak kaki yang sangat harmonis seirama membuat tari Gambyong begitu memukai penonton.

Baca Juga : Asal daerah Tari Saman Lengkap dengan Penjelasannya

Pakaian / Costum Tari Gambyong

Adapun untuk pakaian atau Costum tari Gambyong ini didominasi dengan warna kuning dan warna hijau, hal ini sebagai simbol kemakmuran dan kesuburan.

Sebelum tari Gambyong dimulai maka akan dibuka dengan gendhing Pangkur. Teknik gerak tari yang di bawakan ini sangat luwes, kenes, kewes dan tregel.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang tari Gambyong yang dapat saya sajikan. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kita semua. Janganlupa baca juga ulasan seni tari tradisional lainnya dibawah ini. Sekian dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya. Wassalam.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!