7 Keunikan Rumah Adat Minangkabau

Rumah adat Minangkabau Rumah Gadang – Indonesia adalah negara yang kaya akan ragam budaya serta banyak pulau-pulau yang ada di negara Indonesia Salah satunya daerah Minangkabau. Minangkabau adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Barat yang biasa disebut dengan Minang. Minangkabau memiliki beberapa kebiasaan adat istiadat dan juga rumah daerahnya Nah untuk itu disini saya akan an-nas tentang rumah adat Minangkabau kebudayaan yang dimiliki oleh Minangkabau sangat melekat dalam kehidupan masyarakat seperti agama dan juga tradisi yang mana selalu mereka pegang secara Teguh dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu kebudayaan yang sangat kuat dari masyarakat Minangkabau adalah terus melestarikan khas bangunan rumah adat mereka rumah adat Minangkabau disebut juga dengan Rumah Gadang, rumah ini memang bentuknya sangat indah bagus dan juga sangat unik karena di negara Indonesia Saya kira rumah adat Minangkabau ini adalah rumah adat yang mempunyai karakteristik tersendiri dari rumah adat daerah lainnya.

Rumah Adat Minangkabau

Dapat kita lihat dan kita saksikan secara seksama pada gambar rumah adat Minangkabau itu bentuk fisiknya mirip sekali dengan sebuah kapal ya Dan ini tidak lepas dari salah satu sejarah ah yang mana konon katanya wujud dari rumah gadang ini terinspirasi dari lancang dalam bahasa Minangkabau nya adalah lancang artinya adalah kapal nenek moyang mereka yang mana dibuat sebagai rumah dengan diberikan sebuah pondasi-pondasi yang terbuat dari kayu selanjutnya generasi dari para nenek moyang ini atau cucu merekalah meniru pembuatan rumah gadang tersebut.

Jadi Selain sebagai tempat tinggal rumah gadang juga dapat difungsikan sebagai tempat untuk musyawarah para keluarga melakukan upacara-upacara ritual serta bisa dijadikan sebagai ciri khas suatu daerah dan tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Minangkabau.

 Berikut ini ini saya akan mencoba untuk menguraikan nilai-nilai filosofis dan juga keunikan dari rumah Minangkabau jadi buat teman-teman sahabat mediasiana terus simak pembahasan secara lengkap dan terperinci berikut ini.

Rumah Gadang Minangkabau

Jika dilihat sejarahnya rumah Minangkabau atau rumah gadang ini melahirkan sebuah budaya atau adat istiadat tentang Bagaimana tata cara atau tata krama bagi tamu atau orang yang ingin mengunjungi Rumah Gadang. Bagi setiap tamu yang ingin mengunjungi rumah gadang maka diharuskan mereka terlebih dahulu untuk mencuci kakinya dan tentu ini dimiliki oleh peraturan adat istiadat dari masyarakat Minangkabau Apabila ada tamu ingin berkunjung ke rumah gadang maka diwajibkan mereka itu suci dulu baik dari tubuhnya yang bersih tidak ada kotoran.

Rumah gadang ini mempunyai filosofi yang cukup tinggi yang mana nilai-nilai atau makna yang digambarkan pada rumah gadang ini sangat terlihat dan sangat kuat yang mana memperkokoh Kebudayaan rumah adat Minangkabau ini. Berikut adalah beberapa filosofis yang terkandung dalam rumah adat Minangkabau yaitu Rumah Gadang.

 Nilai-nilai filosofis rumah adat Minangkabau

Nilai-nilai filosofis yang terkandung pada rumah gadang cukuplah banyak Makna tersebut mengandung sebuah unsur yang sangat positif dan hal ini dijadikan nilai-nilai estetika bagi masyarakat Minangkabau. Jadi bentuk rumah gadang yang mana mempunyai luas rumah yang cukup besar bagian rumah yang cukup besar hal ini dinukil dari beberapa ungkapan para leluhur yang mana hingga sekarang masih diingat oleh petinggi-petinggi adat di Minangkabau yang mana apabila mereka sedang mendiskusikan mengenai rumah gadang tersebut.

Rumah Dadang ini memang  berbentuk panggung dan memiliki anak tangga yang berada di sisi depan. Anak tetangga tersebut menjadi sebuah simbol utama bahwa masyarakat Minangkabau adalah masyarakat yang sangat religius demikian Jika dilihat dari arsitektur rumah Gadang itu sendiri.    Sedangkan kalau kita lihat dari keseluruhan arsitektur rumah gadang maka hal ini mengacu pada nilai-nilai estetika dan fungsi sesuai dengan kodratnya layaknya sebuah rumah.

Nah itulah tadi filosofi utama dari rumah gadang selain filosofi utama ada juga beberapa keunikan yang ada di tiap-tiap bagian Rumah Gadang yang sangat megah tersebut berikut akan saya uraikan beberapa keunikan dari rumah adat Minangkabau Mari simak selengkapnya.

Keunikan rumah adat Minangkabau

Ada beberapa keunikan yang menjadi ciri khas tersendiri dari rumah adat Minangkabau yakni :

1.Bentuk atap yang unik

Jika kita perhatikan bagian atap rumah gadang memang sangat unik karena mirip sekali dengan tanduk kerbau ada gelombang gelombangnya. Tentu dalam benak kalian pasti terbayang pertama kali melihat atap dari rumah gadang ini ya atap rumah gadang ini disebut juga dengan atap gonjong atau atap yang berbentuk seperti tanduk kerbau.

Tentu dari bagian atap ini sangat terlihat jelas dan ini adalah menjadi ciri khas dari rumah gadang Minangkabau. Pada zaman dulu bagian atap rumah gadang Minangkabau ini terbuat dari bahan ijuk yang disusun sangat rapi yang mana atap dari ijuk ini mampu bertahan hingga puluhan tahun namun pada akhir-akhir ini ini atap dari ijuk tersebut telah dirubah atau diganti menjadi berbahan seng.

2. Pilar rumah adat dan lancar

Selanjutnya keunikan dari pilar dan lancar rumah gadang. Pilar-pilar dari rumah gadang ini disusun menjadi 5 baris dan berjejer di sepanjang bagian rumah tersebut. Baris-baris yang memang dirancang sedemikian rupa pada bagian interior menjadikan rumah gadang ini ini bentuknya sangat panjang dan istilahnya kita kenal atau kita sebut dengan lancar yang mana pada bagian lancar dikhususkan sebagai kamar-kamar tidur di area belakangnya.

Sedangkan pada bagian lancar lain dapat dipergunakan sebagai area umum bagi keluarga disebut juga dengan istilahnya labuah gajah yang mana diperuntukan sebagai ruangan upacara-upacara tertentu.

3.Bentuk interior rumah

Yang ketiga adalah bentuk interior rumah gadang rumah ini di desain sedemikian rupa berbentuk empat persegi panjang yang mana kemudian setelah dibagi menjadi dua bagian yakni pada bagian muka dan bagian belakang untuk sisi depan rumah gadang ini ini terbuat dari bahan papan.

Sementara pada bagian belakang rumah gadang ini terbuat dari bahan bambu dan Untuk papan ini biasanya dijadikan sebagai dinding dan ditempatkan secara vertikal dan dan selanjutnya dipotong sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan serta ada ukiran hingga di seluruh papan dengan hiasan motif motif ukiran yang khas Minangkabau yang sangat indah.

4. Motif ukiran rumah gadang

Keunikan yang keempat dari rumah gadang ini adalah dapat kita lihat dari motif ukiran nya memang setiap daerah ini memiliki ciri khas tersendiri pola ukiran salah satunya adalah yang dimiliki rumah gadang ini. Motif ukiran rumah gadang menjadikan sebuah simbol yang mempresentasikan keadaan alam pada umumnya ukiran yang ada di rumah gadang ini berbentuk persegi atau garis melingkar dan menggambarkan bagaimana keadaan alam sekitar dan kebudayaan masyarakat Minangkabau.

Biasanya motif dari rumah gadang bermotif tumbuhan yang menjalar atau merambat berbentuk akar dan juga daun motif ini ini berbentuk geometri segiempat jajargenjang dan segitiga.

5. Rangkiang

Keunikan yang kelima dari rumah gadang ini adalah rangkiang. Rangkiang memiliki arti sebuah bahasanya adalah lumbung padi dalam bahasa masyarakat Minangkabau lumbung padi disebut dengan rangkiang. Rangkiang memiliki beberapa jenis yang mana sesuai dengan fungsinya ya jika ditinjau secara lauik akan berisikan sebuah beras yang mana sebagai bahan untuk melakukan upacara adat. Rangkiang si tangka lapang yang berisikan butiran beras yang mana beras tersebut akan disumbangkan kepada masyarakat masyarakat yang kurang mampu atau orang yang kelaparan yang berada di di wilayah sekitar. Sedangkan untuk rangkiang sibayau bayau ini berisikan beras yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari untuk keluarga.

 6. Istana Pagaruyuang

Keunikan yang ke-6 dari rumah gadang Minangkabau ini adalah bagian istana pagaruyuang. Istana pagaruyuang adalah sebuah sebutan bagi pondasi rumah adat Minangkabau Yang Sangat kokoh. Nenek moyang masyarakat Minangkabau sering menyebutnya istana pagaruyuang dari pondasi rumah adat Minangkabau ini karena nenek moyang masyarakat Minangkabau telah memikirkan dan sudah merancang kontruksi dari rumah gadang ini agar mampu bertahan Apabila ada berbagai macam Gempa bumi yang terjadi di daerah Minangkabau Hal ini dapat dibuktikan dari tetap tangguhnya bangunan rumah gadang yang mana sempat diserang gempa berkekuatan 8 skala Richter.

7. Bagian dalam rumah gadang

Keunikan yang ketujuh dari rumah Gadang adalah pada area dalam rumah. Konsep dari rumah gadang yang tidak difungsikan sebuah paku besi untuk mengikat bangunan tetapi rumah gadang ini menggunakan sebuah pasak yang digunakan untuk menyambungkan bagian kayu dari kayu lainnya sehingga bangunan rumah gadang ini sifatnya lebih lentur dibandingkan rumah-rumah yang yang menggunakan pengikatnya dari paku besi.

Selain itu pada bagian tiang rumah gadang ini diberi sebuah alas batu sandi yang tidak menyentuh tanah Hal ini Ini digunakan sebagai peredam getaran Apabila terjadi gempa sehingga dengan demikian apabila ada gempa sedang berlangsung maka tidak akan berdampak pada bangunan yang ada di atasnya.

Nah Nah itulah beberapa makna dan filosofis dan juga keunikan dari rumah gadang Minangkabau. Tentu keragaman dan kaya akan makna filosofis ini menjadikan rumah gadang rumah yang sangat menarik spesial dan unik dari rumah-rumah yang lainnya karena dapat kita lihat dari desain dan bagian-bagian rumah memang sangat sangat unik.

 Sementara mungkin hanya ini yang dapat saya Uraikan dalam pembahasan rumah adat Minangkabau Rumah Gadang. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat dan dan bisa menjadi referensi bagi sahabat-sahabat semuanya. Sekian dari saya sampai jumpa di pembahasan rumah adat yang lainnya Jangan lupa baca juga artikel tentang rumah adat yang sudah ada di blog ini.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!