Rumah Adat Jawa Timur yang Unik dan Filosofis

6 min read

Rumah Joglo Jawa Timur

Keunikan Rumah Joglo Jawa Timur yang kaya akan makna filosofis. Di setiap provinsi pasti mempunyai adat istiadat atau kebudayaan tersendiri termasuk dengan rumah adatnya. Di setiap daerah baik itu yang ada di provinsi ataupun di tingkat daerah kabupaten juga mempunyai ciri khas tersendiri dari segi budaya dan juga bangunan rumah adatnya namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rumah adat yang ada di provinsi Jawa Timur.

Jadi di buat rekan-rekan semuanya yang belum tahu apa saja sih keunikan dan perbedaan yang mencolok dari rumah adat Jawa Timur ini dengan rumah adat yang lainnya yang ada di daerah ataupun di provinsi di Indonesia. Untuk itu agar teman-teman semuanya tahu yuk mari simak Pembahasannya secara rinci dan lengkap berikut ini.

Rumah Joglo Jawa Timur

Indonesia sia dan juga banyak memiliki nilai leluhur yang mana hal ini menjadikan ataupun mencirikan identitas bangsa itu sendiri. Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia adalah ah rumah adatnya rumah adat yang khas di setiap daerahnya menjadikan Indonesia ini ini kaya akan nilai sejarah.

Salah satu contohnya adalah rumah adat yang ada di Jawa Timur rumah adat ini biasa dikenal dengan sebutan nama Joglo. Rumah adat joglo atau rumah adat Jawa Timur ini adalah rumah adat yang ada di provinsi Jawa Timur nah biasanya atau mayoritas bangunannya ini berbentuk limas dengan bagian atapnya yang sangat megah Adapun sebutan dari nama Joglo ini ini dimaksudkan untuk menerangkan pada bagian atapnya yang sangat besar ar-rayyan juga terdapat stilasi model yang mirip sebuah gunung.

Adapun untuk filosofi dari rumah joglo ini yaitu diambil dari kata Joglo filosofi ini adalah perupa makna yang masih ada kaitannya dengan agama Islam agama Hindu dan agama Buddha yang mana hal ini menjadi satu dan mengakar pada sebuah bangunan yang disebut dengan rumah joglo jadi di ini adalah membuktikan bahwa kentalnya keragaman antar umat beragama yang ada di Jawa Timur.

Kalau kita melihat sebuah bangunan rumah joglo pada masa tempo dulu bangunan ini ini ini dibangun untuk menunjukkan sebuah strata atau status sosial masyarakat. Yang mana Na anggota keluarga yang mempunyai rumah joglo ini ini adalah mereka orang-orang bangsawan orang kaya atau orang Sugih dan dan salah satu tujuan dengan adanya rumah joglo ini untuk menerima tamu agung atau tamu kehormatan dengan jumlah kapasitas yang kuantitasnya cukup banyak hal ini Ini digunakan untuk menampung banyak orang atau banyak tamu yang datang ke sesuatu masyarakat.

Bangunan an rumah joglo ini mempunyai nilai-nilai keunikan tersendiri yang mana tentu membedakan dengan rumah adat daerah lainnya salah satu keunikan dari rumah joglo ini adalah dari bahan pembuatan rumahnya yang lebih dominan terbuat dari kayu jati.

Selain itu ada beberapa keunikan lainnya dari rumah joglo ini berikut ini saya akan memberikan sebuah informasi tentang keunikan rumah joglo yang ada di Jawa Timur.

Ciri khas Rumah Joglo Jawa Timur

Sebenarnya bentuk dari rumah joglo ini memiliki jenis yang yang beragam ada beberapa jenis dari rumah joglo yang dominan digunakan oleh masyarakat Jawa Timur yaitu Rumah Joglo Sinom rumah joglo hageng dan rumah joglo pangrawit. Dari ketiga jenis nama rumah joglo di atas masing-masing jenis rumah joglo tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang mana pada setiap detail dari bangunannya terdapat perbedaan dari 1 yang lainnya.

Untuk memudahkan kita dalam memahami keunikan dari 3 macam rumah adat joglo ini maka saya akan bahas satu persatu berikut pembahasannya.

#Rumah joglo Sinom

Rumah joglo Sinom ini ini mempunyai ciri khas yakni terdapat 36 pilar dan 4 saka guru.  Adapun konsep dari bangunan rumah joglo Sinom ini ini dikembangkan dari Saka Joglo yang manana menggunakan teras secara keliling.

Jadi di untuk masing-masing puncak dari rumah joglo Sinom ini terdapat sebuah desain yang bertingkat undak-undak.

 #Joglo PangrawitRumah joglo pangrawit memiliki sebuah ciri khas tersendiri dari rumah adat Joglo Sinom.  rumah joglo pangrawit ini memiliki sebuah halaman yang cukup luas dan memiliki sebuah pilar atau tiang yang cukup banyak rumah joglo pangrawit ini ini ini memiliki desain atap yang berbentuk kerucut dan setiap sudutnya terdapat sebuah pilar.

#Rumah Joglo Hageng

Rumah adat joglo hageng rumah ini ini memiliki sebuah konsep yang lebih rumit dari kedua rumah adat di atas di mana untuk jumlah pilarnya lebih banyak dan juga untuk bagian halaman rumahnya lebih luas.  pada bagian ruang tamunya ukurannya lebih pendek dan juga dengan atapnya yang tumpul. Rumah joglo hageng ini biasanya dimiliki oleh eh keluarga yang yang mempunyai penghasilan yang lebih atau bisa disebut golongan Elite.
Selain dari jenis rumah joglo yang ada di Jawa Timur ini ini terdapat juga beragam keunikan lainnya yang mana dari desain bangunan rumah adat joglo lebih utama mewakili ciri khas atau keunikan dari rumah adat Jawa Timur tersebut.

Berikut ini ini adalah keunikan dari rumah adat Jawa Timur ditinjau dari pembagian ruangannya :


Jika kita lihat bangunan rumah adat joglo Jawa Timur ini terdapat bagian-bagian ruangan yang mana Banyak mencirikan ke khasannya dari budaya masyarakat Jawa Timur tempo dulu. Diantaranya sebagai berikut :

1. Pendopo yang Megah

Pendopo adalah bagian dari rumah joglo hal ini ini menjadi ciri khas dari rumah adat Jawa Timur yang mana mempunyai halaman yang luas serta bagian Pendopo ini  biasanya digunakan pertemuan antara pemilik rumah dengan para warga.  yang mana di Pendopo ini biasanya para warga melakukan kegiatan musyawarah atau berdiskusi pendopo juga biasanya digunakan Kan untuk membahas acara-acara adat atau acara hajatan tertentu tentu dengan adanya bangunan pendopo ini ini banyak memiliki sebuah fungsi sebagai wujud terdepan bagi rumah adat joglo yang ada di Jawa Timur.

Ciri khas dari bangunan pendopo ini adalah adanya ruang yang luas tanpa sekat dan bangunannya yang sangat megah serta pada bagian Sisinya dan sudutnya terdapat pilar-pilar penyangga.  bangunan pendopo ini terdapat empat pilar utama sebagai penyangga yang ada di bagian tengah empat pilar ini dinamakan saka guru yang mana mewakili ke Empat arah mata angin ya itu ada utara barat selatan dan Timur.

Bentuk dari bangunan pendopo ini yaitu bujur sangkar bahan yang digunakan untuk membangun pendopo ini ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang mana digunakan juga untuk tiang dan dan bagian atapnya.

2. Pringgitan Rumah Joglo

Rumah joglo terdapat juga pringgitan. Pringgitan adalah sebuah ruangan yang terletak di bagian dalam atau Omah jero.  pringgitan ini ini dapat difungsikan sebagai jalan masuk menuju bagian dalam rumah joglo pringgitan mempunyai wujud seperti serambi yang berbentuk 3 persegi serambi serambi pringgitan ini menghadap ke arah pendopo dan bagian ini ini menjadi komponen tersendiri bagi rumah joglo tentu dengan adanya pringgitan ini lebih menarik tamu yang sedang berkunjung di rumah joglo.  Pringgitan atau serambi ini menghadap ke arah pendopo dan dan serambi ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk pertunjukan sebuah acara wayang kulit.

3. Emperan Rumah Joglo

Bagian yang ketiga adalah emperan Pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan sebutan emperan emperan ini adalah teras rumah yang Biasanya kita gunakan untuk bersantai.  Jadi istilah emperan ini sudah ada ada sejak zaman dulu nah emperan yang ada di di lingkungan rumah joglo ini sama halnya seperti sekarang itu digunakan untuk tempat bersantai tempat menerima tamu dan juga bisa digunakan untuk tempat kegiatan lainnya. Emperan rumah joglo ini terdapat sebuah sepasang kursi kayu dan juga mejanya Adapun untuk lebar emperan ini biasanya sekitar 2 meter.

4.Omah Njero

Seperti halnya bangunan rumah zaman sekarang ada juga bagian-bagian ruangan yang yang dikhususkan untuk para pemiliknya yang biasa disebut dengan ruang khusus atau ruang privat. Istilahnya untuk zaman dulu disebut dengan Omah Jero.

Omah Jero artinya adalah rumah dalam atau ruangan yang ada di dalam rumah khusus untuk sang pemilik dan biasanya digunakan untuk tempat bersantai bagi keluarga. Adapun sebutan lain dari ruangan yang ada di rumah joglo ini adalah ah Oma dalam Ageng Omah mburi atau sebutan Omah saja. Karena comanchero ini sifatnya adalah privatif tentu tidak semua orang yang atau tamu yang datang dibolehkan masuk pada bagian ruangan ini.

Omah jeruk ini juga terdapat dinding penyekat atau pembatas antar ruangan baik itu di sekat dari papan kayu ataupun dari bahan lainnya yang mana ini sebagai sebuah dinding pembatas. Penampilan dari Omah jeruk ini memang sangat unik karena banyak kursi dan atribut-atribut yang menghiasi ruangan ini Omah jeruk juga menjadi akses jalan masuk menuju senthong atau kamar khusus.

5. Senthong Kiwa

Senthong Kiwa atau au wilayah ruangan sebelah kiri nama centong di WA ini dapat diartikan sebagai kamar yang ada di sebelah kiri di beberapa ruangan yang ada di rumah joglo. Senthong Kiwa ini terdiri dari berbagai macam ruangan yang mana dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan persediaan makanan, gudang dan dan kamar tidur.
Untuk desain dari senthong Kiwa ini kebanyakan seperti kamar pribadi. Maka tak heran senthong Kiwa ini dibangun lebih menarik karena suatu saat bisa dijadikan sebagai kamar tidur.

 6. Senthong Tengah Sebagai Wilayah Sakral

Bagian ruangan yang selanjutnya untuk rumah joglo ini ada yang disebut dengan centong Tengah centong Tengah ini ini adalah wilayah atau ruangan yang letaknya di bagian tengah namun terletak pada bagian dalam rumah sebutan senthong Tengah ini dapat kita Artikan sebagai krobongan pedaringan atau Boma nah letak ruangan senthong tengah ini posisinya berada jauh di dalam rumah dan dan berjarak sangat jauh dari bangunan pringgitan.

Senthong Tengah ini digunakan sebagai penyimpanan benda-benda yang berharga baik itu benda pusaka emas ataupun harta berharga Lainnya milik keluarga. Banyak masyarakat beranggapan bahwa senthong Tengah ini adalah wilayah atau ruangan rumah yang sakral karena zaman dulu Memang identik dengan tempat penyimpanan barang-barang pusaka atau ruang keramat jadi ruangan ini ini maka tidak heran kalau dianggap sakral karena ruangan ini ini banyak unsur mistis.

Walaupun pada ruangan ini diberi sebuah penerangan dan juga ruangan ini biasanya dijadikan tempat untuk tidur maka tidak heran kalau ada peralatan tidur seperti Kasur Bantal cermin, sisir rambut dan lain-lainnya.

7. Senthong Tengen Sebelah Kanan

Selanjutnya ada yang disebut dengan senthong tengen. Ruangan sebelah kanan ini adalah ruangan yang berbentuk kamar-kamar dan difungsikan sebagai kamar tidur gudang atau tempat penyimpanan barang lainnya hampir mirip dengan si entong kiri si entong kanan ini juga di desain yang sangat indah karena banyak difungsikan sebagai tempat beristirahat bagi para keluarga.

8. Gandhok atau Gudang

Sebagian ruangan dari Rumah Joglo yang kedelapan adalah gondok atau gudang gondok adalah bahasa jaman jawa kuno sedangkan untuk jemput ancaman modern sekarang adalah gudang ruangan ini fungsinya ya sudah kita kenali itu sebagai penyimpanan barang barang yang sudah tidak terpakai namun untuk bagian gondok atau gudang di rumah joglo ini terdapat gua bagian yaitu ada gan dobi wow gudang kiri dan gondok dengan gudang kanan yang mana terletak atau berada di belakang rumah joglo.

Gudang ini sengaja di desain dengan unsur jawa yang sangat kental yaitu terlihat dari tiang dan atapnya gondok atau gudang biasanya jaman dulu digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau lumbung padi.

Nah itulah beberapa keunikan dari rumah adat jawa timur yang memang cukup fenomenal terkenal hingga sekarang ini hal-hal yang menjadikan keistimewaan rumah joglo ini adalah pada bagian atapnya terus bagian desain dari data letak ruangan yang mana sangat melekat sekali unsur kebudayaan jawanya has dengan gaya jawa timuran.

Rumah adat jawa timur atau disebut dengan rumah joglo ini saya akan nilai filosofis yang sangat melekat di itu dapat kita lihat dari desain bangunannya selain itu rumah joglo juga tidak bisa terlepas dari sejarah kebudayaan yang ada di indonesia yang mana diwariskan turun temurun hingga sekarang.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sajikan dalam pembahasan rumah adat jawa timur semoga ulasan atau pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan para teman-teman semua pembaca setia di blog siana jangan lupa baca juga artikel artikel lainnya yang ada di blog siana di bawah ini. Cukup sekian perjumpaan kali ini sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page