50 Contoh Tari Berpasangan dan Asal Daerahnya

Contoh Tari Berpasangan Beserta Gerak, nama, kostum dan Asal Daerahnya di Indonesia – Ada banyak sekali ragam seni tari tradisional yang ada di Indonesia. Maka tidak heran kalau ada beberapa kategori seni tari yang berkembang di negara ini. Di setiap daerah di Pulau Indonesia mempunyai keberagaman seni budaya trasionalnya masing-masing. Oleh karena itu untuk menambah wawasan bagi generasi bangsa pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk menyajikan ulasan tentang Seni Tari Berpasangan asal Indonesia.

Contoh Tari Berpasangan

Seiring berkembangnya jaman maka seni tari tradisional di Indonesia kian terkikis jaman di era modernisasi seperti dijaman sekarang ini. Alih-alih banyak generasi bangsa muda-mudi sudah mulai pudar untuk belajar sejarah dan kekayaan dari seni budaya yang berasal dari daerah tinggalnya dan lebih memilih untuk bermain game online.

close

Tentu sangat disayangkan jika kesenian tradisional di Indonesia ini bisa pudar dan terlupakan begitu saja. Oleh karenanya disini kami berinisitaif untuk menyajikan ulasan tentang seni tari tradisional di Indonesia dengan tema Seni Tari Berpasangan. Nah, buat sobatsiana yang sudah tidak sabar lagi ingin membaca artikel tentang ulasan seni tari berpasangannya maka silahkan langsung simak ulasannya berikut ini!

Kumpulan Tari Berpasangan Asal Indonesia

1# Tari Sekapur Sirih

Ulasan Seni Tari berpasangan yang pertama yaitu tari Sekapur Sirih. Tari ini di ciptakan oleh seorang seniman lokal yitu Firdaus Chatap. Beliau adalah seorang putra daerah yang cerdas dan pandai dalam mengembangkan sebuah seni tari, sehingga beliau dapat menghasilkan karya seni tari sekapur sirih yang masih berkembang hingga saat ini.

Ketika pertama kali tari sekapur sirih ini diciptakan, gerakan tarian itu sangatlah sederhana. Meskipun dari geraka tariannya sederhana, tari sekapur Sirih ini memilki makna yang cukup dalam yang ada pada gerakannya untuk disampaikan si penari kepada para penonton.

Tari Sekapur Sirih ini mulai dikenalkan dan bisa populer di masyarakat Indonesia pada tahun 1962. Pada saat itu tarian Sekapur Sirih ini sengaja dibuat dan dipentaskan untuk menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia sejak masa itu adalah Bapak Soeharto dan Ibu Tien.

Selesai dari acara tersebut lambat laun tari sekapur sirih mulai mengalami perkembangan dan ada sedikit penyempurnaan, seperti adanya penambahan alat iringan musik dengan tujuan untuk menambah suasana pementasan agar semakin meriah dan dapat memberikan hiburan kepada tamu-tamu agung yang menyaksikannya. Tari Sekapur Sirih ini adalah tarian tradisional yang berasal dari provinsi Jambi.

Jadi, tari Sekapur Sirih ini dipentaskan biasanya pada saat ada kunjungan tamu-tamu agung (kehormatan). Saat penyambutan tamu Agung tersebut, selain menampilkan gerak tari yang indah juga dihidangkan berbagai makanan daerah khas Jambi.

Maka tak heran kalau di masyarakat Jambi, tari Sekapur Sirih ini dikenal sebagai tarian selamat datang untuk menyambut dan menghibur tamu-tamu besar. Karena ini adalah tamu penyambutan maka dalam tarian ini dilakukan dengan iringan alunan musik tradisional serta syair-syair lagu suka cita (gembira/senang).

2# Tari Topeng Cirebon

Tarian topeng Cirebon sudah ada pada abad ke 10 Masehi. Tari topeng ini sudah berkembang pada abad ke 10 Masehi hingga pada tahun 16 Masehi tepatynya pada masa pemerintahan Prabu Panji Dewa atau Prabu Amiluhur.

Prabu Panji Dewa adalah seorang Raja Jenggala yang ada di Jawa Timur. Seiring berjalannya waktu, tarian Topeng ini tersebar ke beberapa daerah termasuk di Jawa Barat, salah satunya adalah di daerah Cirebon.

Kita tahu bahwa tarian tradisional yang ada di Indonesia ini memiliki keunikan masing-masing. Keunikan tersebut dapat berupa sebuah kostum, properti, gerakan, alur cerita, serta sejarah atau filosofi terciptanya suatu tarian. Salah satu yang kita kenal hingga sekarang adalah Tari Topeng, sebuah tarian asli dari Indonesia yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat.

Tari Topeng Cirebon adalah tarian tradisional daerah dengan memiliki ciri utamanya yaitu dari penari yang mengenakan topeng yang unik. Masing-masing penari tari topeng yang diperankan oleh para penari mempunyai karakter yang berbeda-berbeda dan dengan adanya penokohan ini akan semakin menambah keunikan warisan budaya tari Topeng Cirebon ini.

Saat tarian Topeng ini masuk ke Cirebon, tarian ini lambat laun berbaur dengan kesenian lokal sehingga terciptalah tarian yang sangat khas. Tari topeng sendiri memiliki makna, filosofi, dan simbol tertentu, seperti kisah percintaan, kepeimpinan, serta kebijaksanaan seorang pemimpin. Dalam pementasaannya, hal-hal dari filosofi tersebut akan disampaikan kepada para penonton agar mereka ini bisa dimengerti dan dapat memetik pelajaran dari tarian Topeng ini.

Bahkan menurut cerita masyarakat yang beredar di daerah setempat, bahwa Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga juga pernah menggunakan tarian topeng ini sebagai media dakwah guna untuk menyebarkan agama Islam serta sebagai sarana seni tari hiburan yang ada di lingkungan keraton Cirebon.

3# Tari Piring

Seni tari yang ketiga yaitu Tari piring. Tari ini dalam bahasa Minangnya yaitu tari piriang. Tari ini adalah tarian tradisional dari daerah Minangkabau yang mana dalam tariannya menampilkan sebuah atraksi menggunakan piring. Para penari tari ini akan mengayunkan piring menggunakan tangan dengan mengikuti gerakan-gerakan dengan tempo cepat yang sangat teratur, jadi tanpa satu pun piring yang terlepas dari tangan para penari. Gerakan tari Piring ini diambil dari langkah dalam gerak silat Minangkabau atau disebut dengan silek.

4# Tari Merak

5# Tari Serimpi

6# Tari Gambyong

7# Tari Pendet

8# Tari Lilin

9# Tari Jepen

10# Tari Serampang Dua Belas

11# Tari Bedana

12# Tari Campak

13# Tari Maengket

14# Tari Jaipong

15# Tari Saman

16# Tari Topeng Betawi

17# Tari Kipas Pakarena

18# Tari Pendet

19# Tari Selampit Delapan

20# Tari Giring-Giring

21# Tari Musyoh

22# Tari Papati

23# Tari Melintang

24# Tari Janger

25# Tari Selamat Datang (Papua)

26# Tari Tenun Songket

27# Tari Campak

28# Tari Pukat

29# Tari Rampai

30# Tari Cendrawasih Bali

31# Tari Wirayudha Bali

31# Tari Gopala Bali

32# Tari Sekapur Sirih Bangka Belitung

33# Tari Campak Bangka Belitung

34# Tari Sepen Bangka Belitung

35# Tari Beripat Bangka Belitung

36# Tari Andun Bengkulu

37# Tari Bidadari Teminang Anak Bengkulu

38# Tari Pukek Bengkulu

39# Tari Tombak Kerbau Bengkulu

40# Tari Putri Gading Cempaka Bengkulu

41# Tari Kejei Bengkulu

42# Tari Condong Bali

43# Tari Janger Bali

44# Tari Pendulang Timah Bangka Belitung

45# Tari Men Sahang Lah Mirah Bangka Belitung

46# Tari Gi Ke Aik Bangka Belitung

47# Tari Putri Gading Cempaka Bengkulu

48# Tari Penyambutan Bengkulu

49# Tari Dzikir Saman Banten

50# Tari Katuran

Akhir Kata

Nah, itulah kumpulan Seni Tari Berpasangan yang ada di daerah Indonesia yang dapat kami sajikan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah wawasan bagi sobat semua dan bisa menjadi referensi bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca ulasan artikel kali ini janganlupa juga baca ulasan artikel yang lainnya di situs ini!

Nilai Kualitas Konten

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!