Mengupas 10 Keunikan Candi Borobudur yang Luar Biasa


Inilah 10 Keunikan dari Candi Borobudur yang Luar Biasa! Tentu kita paham jika Indonesia memiliki warisan budaya yang begitu banyak. Kita bisa melihat ragam peninggalan sejarah masa lalu yang masih ada hingga kini. Misalnya saja kita bisa melihat bangunan-bangunan candi yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Misalnya saja kamu bisa mengunjungi candi Prambanan, candi Mendut hingga candi Pawon. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi warisan dunia yakni candi Borobudur.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi candi ini, rasanya tidak akan menyesal. Pasalnya ada begitu banyak orang yang mengunjungi tempat ini. Kamu bisa menyaksikan setiap hari wisatawan dari dalam maupun luar negeri kerap mengunjunginya.


Sejarah Singkat Berdirinya Candi Borobudur


Diperkirakan candi ini dimulai pada tahun 800 masehi untuk pembangunan pertamanya. Diperkirakan pula jika candi Borobudur ini didirikan pada masa dinasti Syailendra, Jawa Tengah. Untuk proses pembangunan candi ini menurut masyarakat menghabiskan waktu selama 75 sampai 100 tahun. Lalu, ketika tahun 825 masehi dalam pemerintahan Samaratungga baru candi ini dinyatakan selesai. Selain sejarah yang menarik, ada sekitar 10 keunikan candi Borobudur yang akan kita bahas pada artikel ini.


Kelebihan Candi Borobudur


Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh candi Borobudur ini. Pertama, candi ini begitu memikat mata dan hati mengingat bentuk arsitektur dan fungsinya. Kedua, di sekitar candi memang masih sangat terlihat asri suasananya. Ketiga, antara satu tingkat dengan tingkat lainnya memiliki relief yang indah. Keempat, sebagai sarana edukasi guna mempelajari agama Budha. Selain itu, candi Borobudur ini sudah masuk ke dalam daftar keajaiban dan warisan dunia oleh UNESCO.

Candi Borobudur
Candi Borobudur


10 Keunikan Candi Borobudur

1# Bangunan yang Memiliki Relief Terbesar dan Paling Lengkap


Salah satu dari 10 keunikan candi Borobudur ialah memiliki relief paling besar dan paling lengkap. Terdiri lebih dari dua juta batu vulkanik dengan susunan yang rapi. Hasil dari batu-batu yang dipahat ini memiliki nilai seni yang begitu tinggi. Bahkan, banyak yang memperkirakan jika bangunan ini dibuat selama 75 tahun. Candi ini dikenal sebagai unsur agama yang melekat, budaya sampai sejarahnya. Semua ini tentu ada kaitannya dengan arca, relief hingga stupa pada candi ini.


2# Pernah Terkubur Karena Gunung Merapi Meletus


Sekitar tahun 1006 masehi, karena gunung merapi meletus, candi ini pernah tertimbun karenanya. Bahkan, letusan yang diakibatkan oleh gunung berapi berhasil membuat candi ini tidak terlihat dari permukaan tanah. Akan tetapi, pada tahun 1814, beruntungnya candi ini ditemukan kembali hingga berlangsung proses pengerukan. Akhirnya, candi ini dapat terlihat lagi seperti semula. Jika kita pikirkan, tentu ini menjadi kejadian luar biasa yang tidak bisa dilupakan begitu saja.


3# Pembangunan di Bagian Tengah Danau


Salah satu dari 10 keunikan candi Borobudur ialah dikatakan dibangun di bagian tengah dari sebuah danau. Hal ini tentu bukan tanpa alasan mengingat bentuk candi ini menyerupai bunga teratai. Bunga ini memang erat kaitannya dengan nilai kehidupan juga spiritual. Meskipun begitu, sayangnya danau ini sama sekali tidak terlihat dan bekasnya juga demikian. Jika kamu ingin melihat jejak dari danau ini kamu bisa menggunakan helikopter untuk melihatnya dari atas udara. Mungkin jika kamu memang benar penasaran dan ingin memastikan, kamu bisa mulai dengan menyewa helikopter.


4# Dilengkapi dengan 100 Bagian Air Mancur


Perlu diketahui jikalau terdapat sekitar 100 talang air dengan bentuk Makara atau patung ikan. Makara sendiri dikatakan sebagai pelengkap untuk menambah keindahan candi Borobudur ini. Ketika zaman dulu dikatakan ketika musim penghujan tiba maka air mengalir akan melintasi Makara ini. Sehingga, dapat dilihat begitu indah tampilan air mancurnya. Hingga saat ini desain mengenai candi ini tidak bisa diragukan jika kamu bisa melihat lebih dalam dari setiap detailnya.

5# Sebuah Misteri Angka 1


Satu dari 10 keunikan candi Borobudur lainnya ialah mengenai misteri angka 1. Jika dilihat dari kacamata matematika, kita akan mendapatkan sejumlah bilangan menghasilkan angka 1. Misalnya saja pada tingkatan candi yang memiliki jumlah 10. Jika diurai menjadi 1+0 tentu hasilnya 1. Selain itu, jumlah stupa arupadhu juga sama dimana memiliki jumlah 73 dan diurai menjadi 7+3= 10. Nah, angka 10 ini jika diurai akan menghasilkan angka 1 lagi. Lebih dari itu, masih banyak lagi contoh lainnya.


6# Menjadi Warisan Dunia Oleh UNESCO


Pada tahun 1991 candi Borobudur memang diresmikan sebagai warisan dunia. Meski nama Borobudur sendiri masih diperdebatkan oleh sejarahwan. Raffles sendiri, sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan candi ini di mata dunia memiliki pandangan lain mengenai namanya. Raffles menuliskan nama candi ini dalam bahasa Inggris yakni Bore-Budur. Untuk kata Bore sendiri mengacu pada desanya sedang Budur dalam bahasa Jawa bermakna purba. Meskipun ada juga yang mengatakan jika Budur memiliki makna gunung.


7# Sejajar dengan Candi Pawon dan Mendut


Hal ini menjadi salah satu keunikan dari 10 keunikan candi Borobudur ini. Ya, jika ditarik garis lurus antara candi Borobudur, Mendut hingga Pawon memang menjadi sejajar letaknya. Selain itu, ketiganya juga memiliki corak Budha Mahayana.


8# Dibangun Pada Dinasti Syailendra dan Selesai Pada Pemerintahan Simaratungga


Banyak yang mengatakan jika wangsa Syailendra inilah yang pada awalnya membangun candi ini. Wangsa Syailendra ini berasal dari kerajaan Sriwijaya, Sumatera. Dia pada mulanya beragama Hindu lalu ia beralih memeluk agama Budha.


9# Pencurian Kepala Arca Budha Kerap Terjadi


Meski ini menjadi kabar tidak baik akan tetapi ini menjadi satu dari 10 keunikan candi Borobudur ini. Pasalnya kepala arca Budha ini memang mahal harganya sehingga banyak orang yang mengincarnya. Kini kita mengerti jika tidak hanya kondisi alam yang menjadi ancaman melainkan tangan-tangan nakal manusia juga demikian. Kepala arca Budha ini kerap dicuri dengan cara mendorongnya hingga jatuh dan patah. Wajar saja mengingat harganya yang mahal, membuat pencuri tergiur.


10# Beberapa Bagian Candi Borobudur Tersebar ke Beberapa Musium Dunia


Hal ini sungguh luar biasa menakjubkan. Pasalnya tidak hanya di Indonesia saja candi ini begitu populer. Bahkan beberapa bagian atau potongan bangunan candi ini terletak di dalam musium di luar Indonesia. Setidaknya ada 6 musium dari negara yangbada di dunia. Salah satu Musium yang memiliki bagian dari candi ini ialah Musium Louvre di kota Paris. Bagi kamu yang hobi untuk berjalan-jalan, cobalah untuk pergi ke Musium negara-negara tersebut. Cobalah lihat, apakah terdapat bagian dari candi Borobudur kecintaan kita di sana?


Itulah sedikit ulasan kita mengenai 10 keunikan candi Borobudur yang sudah seharusnya kita syukuri. Bagi kamu yang penasaran akan semua keunikan itu bisa langsung mengunjungi candi ini. Candi ini terletak 100 km kurang lebih dari Semarang, 40 km dari DI Yogyakarta juga sekitar 86 km dari Surakarta. Bagaimana, tertarik untuk ikut mengunjungi candi ini? Yuk, ramaikan khasanah kebudayaan kita dengan melestarikannya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!